Skip to main content

STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR BAHASA INGGRIS KELAS 4 SD



Kelas IV, Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
      Mendengarkan
1.      Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas

1.1     Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima dalam konteks kelas
1.2     Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal dalam konteks kelas

      Berbicara
2.      Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas

2.1  Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: mengenalkan diri, memberi salam/sapaan, memberi salam perpisahan, dan memberi aba-aba
2.2  Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan, meminta barang, dan memberi barang
2.3  Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: berterima kasih, meminta maaf, memberi maaf, melarang, memuji, dan mengajak
2.4  Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: thank you, sorry, please, dan excuse me
      Membaca
3        Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana  dalam konteks kelas

3.1  Membaca nyaring dengan melafalkan alfabet dan ucapan yang tepat yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana
3.2  Memahami kalimat dan pesan tertulis  sangat sederhana

      Menulis
4        Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas

4.1  Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana  secara tepat dan berterima dengan tanda baca yang benar yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana
4.2  Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana  secara tepat dan berterima seperti: ucapan selamat dan pesan tertulis

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )


Kelas IV, Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi  Dasar
      Mendengarkan
  1. Memahami instruksi sangat sederhana  dengan tindakan dalam konteks kelas

5.1  Merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima dalam konteks kelas dan dalam berbagai permainan
5.2  Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal

      Berbicara
  1. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana  dalam konteks kelas

6.1  Menirukan ujaran dalam ungkapan sangat sederhana secara berterima
6.2  Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi contoh melakukan sesuatu dan memberi aba-aba
6.3  Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan, meminta barang, memberi barang
6.4  Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta ijin, memberi ijin, menyetujui, tidak menyetujui, menyangkal, dan  meminta kejelasan
6.5  Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: thank you, sorry, please, dan excuse me

      Membaca
  1. Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas

7.1  Membaca nyaring dengan ucapan yang tepat dan berterima yang melibatkan: kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana
7.2  Memahami kalimat dan pesan tertulis sangat sederhana

      Menulis
  1. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas

8.1  Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan tanda baca yang benar yang melibatkan: kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana
8.2  Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara  tepat dan berterima seperti ucapan selamat dan pesan tertulis

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )

     

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR BAHASA INGGRIS KELAS 5

Kelas V Semester 1 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar        Mendengarkan 1.       Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks sekolah 1.1   Merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam konteks kelas dan   sekolah 1.2   Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal       Berbicara 2.       Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekolah 2.1   Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi conto h melakukan sesuatu, memberi aba-aba, dan memberi petunjuk 2.2   Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan, memberi bantuan, meminta barang, dan memberi barang 2.3   Berca...

PRINSIP-PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM

Di dalam pembuatan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan diperlukan Prinsi-Prinsip Pengembangannya. Berikut ini adalah sedikit ulasan tentang Prinsip – Prinsip Pengembangan Kurikulum KTSP SD. Prinsip – Prinsip Pengembangan Kurikulum SD Pengembangan kurikulum SD mengacu pada Standar Isi dan Standar Kelulusan yang berpedoman pada panduan penyusunan kurikulum yang disusun oleh BSNP, serta memperhatikan pertimbangan Komite Sekolah. Penyusunan Kurikulum SD untuk pendidikan dikoordinasi dan disupervisi oleh Dinas Pendidikan Provinsi, dan selanjutnya di dalam panduan penyusunan KTSP jenjang pendidikan dasar dan menengah yang diterbitkan oleh BSNP, dijelaskan bahwa pengembangan kurikulum didasarkan pada prinsip-prinsip berikut ini: Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungan. Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan ...