Skip to main content

Keuntungan dan Kelemahan Penggunaan Observasi dalam Pengumpulan Data

Hasil gambar untuk observasi


Selain pengertian observasi yang sudah pernah di bahas. Kali ini yuk kita liahta keuntungan dan kelemahan Observasi dalam Pengumpulan Data.
Kelebihan observasi
Kelebihan dari observasi yang perlu kita tahu, antara lain:
  1. Observer mempunyai kemungkinan untuk langsung mencatat hal-hal, perilaku pertumbuhan, dan sebagainya, sewaktu kejadian tersebut masih berlaku, atau sewaktu perilaku sedang terjadi sehingga Observer tidak menggantungkan data-data dari ingatan seseorang.
  2. Observer dapat memperoleh data dan subjek, baik dengan berkomunikasi verbal ataupun tidak, misalnya dalam melakukan penelitian. Sering subjek tidak mau berkomunikasi secara verbal dengan peneliti karena takut, tidak punya waktu atau enggan. Namun, hal ini dapat diatasi dengan adanya pengamatan (observasi) langsung.
Kelemahan observasi
Selain kelebihannya, kita juga harus tahu kelemahan dari observasi. Kelemahan dari observasi antara lain:
  1. Observer biasanya tidak dapat melakukan observasi terhadap suatu fenomena yang berlangsung lama, contohnya kita ingin mengamati fenomena perubahan suatu masyarakat tradisional menjadi masyarakat modern akan sulit atau tidak mungkin dilakukan.
  2. Memerlukan waktu yang relatif lama untuk memperoleh pengamatan langsung terhadap satu kejadian, misalnya adat penguburan suku Toraja dalam peristiwa ritual kematian, maka seorang peneliti harus menunggu adanya upacara adat tersebut.
  3. Adanya kegiatan-kegiatan yang tidak mungkin diamati, misalnya kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan hal-hal yang sifatnya pribadi, seperti kita ingin mengetahui perilaku anak saat orang tua sedang bertengkar, kita tidak mungkin melakukan pengamatan langsung terhadap konflik keluarga tersebut karena kurang jelas.
Itulah beberapa point dari kelebihan dan kelemahan observasi. Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR BAHASA INGGRIS KELAS 4 SD

Kelas IV, Semester 1 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar       Mendengarkan 1.       Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas 1.1      Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima dalam konteks kelas 1.2      Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal dalam konteks kelas       Berbicara 2.       Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas 2.1   Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: mengenalkan diri, memberi salam/sapaan, memberi salam perpisahan, dan memberi aba-aba 2.2   Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan, meminta barang, dan memberi barang 2.3   Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: berterima kasi h, meminta m

STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR BAHASA INGGRIS KELAS 5

Kelas V Semester 1 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar        Mendengarkan 1.       Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks sekolah 1.1   Merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam konteks kelas dan   sekolah 1.2   Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal       Berbicara 2.       Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekolah 2.1   Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi conto h melakukan sesuatu, memberi aba-aba, dan memberi petunjuk 2.2   Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan, memberi bantuan, meminta barang, dan memberi barang 2.3   Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: mengenalkan diri, mengajak, meminta ijin, m

CONTOH SOAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEMESTER GENAP KELAS V

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam                                             Hari / Tanggal      : Kelas                      : V ( lima )                                                                               Waktu                    :   I.      Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, atau c pada jawaban yang paling benar! 1.        Nabi Daud AS diangkat menjadi raja menggantikan... a.     Raja Thalut                     b. Raja Jalut                         c. Raja Namrud                  d. Raja Firaun 2.        Kitab suci yang diturunkan kepada nabi Daud AS adalah ... a. Taurat                               b. Zabur                                c. Injil                                     d. Al Quran 3.        Dapat mengerti bahasa binatang adalah mukjizat nabi ... a. Musa AS                           b. Isa AS                                c. Sulaiman AS                    d. Daud AS 4.