ABSTRAK
PENGGUNAAN METODE BELAJAR KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SDN 1 KEBON JERUK BANDAR LAMPUNG
OLEH
RIAPANDI
Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS menggunakan metode belajar kelompok siswa kelas V SDN 1 Kebon Jeruk Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS siswa kelas V tahun pelajaran 2013/2014 melalui metode belajar kelompok. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Objek penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 29 siswa. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan aktivitas guru. Pengumpulan data hasil belajar siswa diperoleh melalui soal pre tes dan post tes (evaluasi). Data dianalisis menggunakan teknik presentase dengan membandingkan standar ketuntasan belajar minimal yang ditetapkan yaitu ≥75.
Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas siswa siklus I adalah 40% dan pada siklus II 89%. Hasil belajar siswa siklus I diperoleh nilai rata-rata 60 dan pada siklus II meningkat menjadi 85. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I belum tercapai yaitu 44% dan pada siklus II sudah tercapai dan meningkat menjadi 86%. Dengan demikian, metode belajar kelompok dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 1 Kebon Jeruk Bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014.
Kata Kunci : Metode belajar kelompok, aktivitas dan hasil belajar.
PENGGUNAAN METODE BELAJAR KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SDN 1 KEBON JERUK BANDAR LAMPUNG
OLEH
RIAPANDI
Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS menggunakan metode belajar kelompok siswa kelas V SDN 1 Kebon Jeruk Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS siswa kelas V tahun pelajaran 2013/2014 melalui metode belajar kelompok. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Objek penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 29 siswa. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan aktivitas guru. Pengumpulan data hasil belajar siswa diperoleh melalui soal pre tes dan post tes (evaluasi). Data dianalisis menggunakan teknik presentase dengan membandingkan standar ketuntasan belajar minimal yang ditetapkan yaitu ≥75.
Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas siswa siklus I adalah 40% dan pada siklus II 89%. Hasil belajar siswa siklus I diperoleh nilai rata-rata 60 dan pada siklus II meningkat menjadi 85. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I belum tercapai yaitu 44% dan pada siklus II sudah tercapai dan meningkat menjadi 86%. Dengan demikian, metode belajar kelompok dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 1 Kebon Jeruk Bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014.
Kata Kunci : Metode belajar kelompok, aktivitas dan hasil belajar.
Comments
Post a Comment