Skip to main content

ABSTRAK PENGEMBANGAN MOTORIK KASAR PADA ANAK USIA DINI MELALUI TARI BEDANA TAYUHAN

Hasil gambar untuk MOTORIK KASAR PADA ANAK USIA DINI







ABSTRAK
PENGEMBANGAN MOTORIK KASAR PADA ANAK USIA DINI MELALUI TARI BEDANA TAYUHAN (STUDI KUALITATIF PADA TK ________________ BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN ________________ )

Oleh

________________ 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah tari Bedana Tayuhan dapat mengembangkan motorik kasar pada siswa kelompok B2 TK ________________  Bandar Lampung tahun pelajaran ________________ . Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan gerak motorik kasar anak usia dini pada siswa TK Rasyidul Jannah Bandar Lampung khususnya kelompok B2 melalui tari Bedana Tayuhan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dengan jenis penelitian survei menganalisa berdasarkan fakta yang tampak atau yang terjadi berdasarkan survey lapangan, obseravasi di lapangan, dengan teknik pengumpulan datanya yaitu observasi partisipan, observasi di lapangan, teknik wawancara dengan guru sekolah, teknik wawancara dengan orang tua siswa, dan teknik dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa TK ________________ kelompok B2 yang berjumlah 20 orang.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pengembangan motorik kasar melalui tari Bedana Tayuhan adalah tepat dalam mengembangkan motorik kasar kepada anak usia dini. Hal ini terlihat dari antusias dan keceriaan anak dalam mengikuti pembelajaran.

Comments

Popular posts from this blog

STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR BAHASA INGGRIS KELAS 5

Kelas V Semester 1 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar        Mendengarkan 1.       Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks sekolah 1.1   Merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam konteks kelas dan   sekolah 1.2   Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal       Berbicara 2.       Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekolah 2.1   Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi conto h melakukan sesuatu, memberi aba-aba, dan memberi petunjuk 2.2   Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan, memberi bantuan, meminta barang, dan memberi barang 2.3   Berca...

STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR BAHASA INGGRIS KELAS 4 SD

Kelas IV, Semester 1 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar       Mendengarkan 1.       Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas 1.1      Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima dalam konteks kelas 1.2      Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal dalam konteks kelas       Berbicara 2.       Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas 2.1   Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: mengenalkan diri, memberi salam/sapaan, memberi salam perpisahan, dan memberi aba-aba 2.2   Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan, meminta barang, dan m...

PRINSIP-PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM

Di dalam pembuatan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan diperlukan Prinsi-Prinsip Pengembangannya. Berikut ini adalah sedikit ulasan tentang Prinsip – Prinsip Pengembangan Kurikulum KTSP SD. Prinsip – Prinsip Pengembangan Kurikulum SD Pengembangan kurikulum SD mengacu pada Standar Isi dan Standar Kelulusan yang berpedoman pada panduan penyusunan kurikulum yang disusun oleh BSNP, serta memperhatikan pertimbangan Komite Sekolah. Penyusunan Kurikulum SD untuk pendidikan dikoordinasi dan disupervisi oleh Dinas Pendidikan Provinsi, dan selanjutnya di dalam panduan penyusunan KTSP jenjang pendidikan dasar dan menengah yang diterbitkan oleh BSNP, dijelaskan bahwa pengembangan kurikulum didasarkan pada prinsip-prinsip berikut ini: Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungan. Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan ...